Sembako

Sembako adalah komoditas seksi bagi para emak-emak untuk dibicarakan. Karena harganya yang terkadang tidak bisa diprediksi, naik turun tidak karuan. Namun dibalik itu, justru sembako menjadi pilihan utama dari para pemain bisnis pemula. Kenapa ? Karena sembako mudah dijual dan perputaran uangnya tergolong cepat. Jadi profitnya dapat dinikmati secara harian.

Sebelum memulai bisnis sembako ada baiknya anda mempelajari dahulu apa saja yang wajib diketahui untuk pemula dalam bisnis sembako. Sesuai judul dalam artikel ini akan dibahas bagaimana “ Langkah mudah menjadi supplier sembako sekitar rumah “. Kita sepakati dulu bahwa sekitar rumah ini adalah rumah tangga sekitar atau pun usaha skala kecil sekitar tempat tinggal anda seperti warteg, pedagang gorengan, pedagang es campur, pedagang martabak, pedagang kentucky dorong, dan sebagainya. Apa saja langkah-langkahnya? simak terus

Pertama kali, kunci dari segala kunci bisnis maupun bisnis sembako adalah riset produk. Jadi jangan sampai anda menjual produk yang tidak dibutuhkan pelanggan anda. Apalagi berani stok di awal tanpa perhitungan. Bisa berbahaya bagi cash flow anda.

Ketahui produk yang dibutuhkan dari calon konsumen anda

Lakukan dengan mulai bertanya kepada tetangga sekitar yang mudah untuk diajak berdiskusi. Tanyakan apa saja kebutuhan belanja bulanan dan anggarannya. Tawarkan kepada mereka bahwa anda bersedia membantu memudahkan memenuhi belanjaan sembako bulanan. Tidak harus semua item barang, cukup yang anda rasa mampu memenuhinya saja.

Bertanyalah kepada sebanyak mungkin  orang. Setelah menggali kebutuhan perorangan beralihlah ke kebutuhan pedagang atau usaha kecil sekitar anda. Bisa warung kelontong, warung belanja, atau kaki lima. Tips tambahan, jika anda ingin menjadi supplier para pedagang siapkan terlebih dahulu pengetahuan produk yang akan ditawarkan.
Sebagai contoh jika anda menawari pedagang gorengan, yang paling mungkin adalah menawari minyak goreng dan terigu. Sebelumnya cari dulu apa kebutuhan minyaknya, berapa ukurannya, apa merk yang populer diantara para pedagang gorengan dan harganya. Paling tidak anda tahu dimana mendapatkan minyak goreng dengan harga murah. Barulah anda tawarkan kepada calon pedagang tersebut. Termasuk untuk terigu yang anda tawarkan.

Yang anda perlu ketahui bahwa pendekatan pertama belum tentu menghasilkan penjualan, cukup mengenal lebih dekat dulu, dapatkan kontaknya, dan say hello sambil mempelajari apa saja keinginannya. Karena logikanya para pedagang ini sudah memiliki langganan tetap tempat ia berbelanja. Bina hubungan baik di awal dan bisa anda follow up di lain waktu.


Memilih produk yang akan difokuskan

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan dari konsumen anda, langkah selanjutnya adalah cari tau dimana mendapatkan barang tersebut dengan harga terbaik. Carilah dari berbagai sumber seperti dari marketplace, modern market, atau wholesaler sekitar tempat tinggal anda. Sesuaikan dengan modal, waktu, dan tenaga yang anda miliki. Siapkan tempat untuk stok di awal jika anda sudah siap memulai.

Contoh produk yang dapat anda fokuskan minyak goreng, beras, indomie, terigu, dan susu kental manis.Sabun dan kebutuhan pribadi juga layak untuk anda andalkan untuk tambahan.  Jangan lupa hitung potensi keuntungan anda jangan sampai beban dan pengeluaran lebih besar daripada profit yang anda peroleh. 

Selalu bina hubungan baik dengan pelanggan 

Setelah anda memiliki pelanggan tetap, jagalah hubungan baik dengan pelanggan anda. Perluas pergaulan untuk menambah potensi pelanggan baru. 

Mungkin diantara pembaca ada yang merasa kesulitan di awal, seperti keterbatasan mencari produk dan akses ke supplier hingga masalah pengangkutan. Selain itu terkendala modal yang terbatas dan lokasi rumah yang tidak terlalu luas.
Padahal sangat bersemangat untuk segera berjualan sembako.

Kora Indonesia memahami permasalahan ini, oleh karenanya Kora Indonesia membuat sebuah platform untuk memecahkan masalah bagi anda yang ingin berjualan sembako namun masih memiliki kendala seperti di atas.

Satu aplikasi yang diluncurkan sangat mudah digunakan. Cara bergabungnya pun cukup menggunakan nomor handphone dan tidak dipungut biaya. Belanja barang sembako dengan nominal minimum Rp 1.000.000 anda sudah dapat membuka usaha menjadi agen sembako rumahan ataupun dapat anda gunakan untuk kebutuhan sendiri.
Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, andapun tidak perlu repot memikirkan pengangkutan karena Kora Indonesia akan mengirimkan belanjaan anda ke titik pengiriman di rumah anda atau terdekat dengan rumah anda jika tidak memungkinkan dilewati oleh armada roda empat.

Nikmati semua kemudahan ini, dan mulailah menjadi pengusaha sembako rumahan di aplikasi dari Kora Indonesia yang dapat dilihat di https://app.agen.kora.id
Atau cek website dan tutorial aplikasi selengkapnya di https://agen.kora.id

Nah itulah 3 pilar utama yang dapat anda jadikan pedoman, bagaimana memulai usaha bisnis sembako rumahan kecil-kecilan. Tidak menutup kemungkinan suatu saat anda menjadi supplier besar yang memiliki toko dan karyawan.

Selamat mempraktekkan. 

WhatsApp Whatsapp Kami